SoloTrans.Id

Ayunan Langit Kulon Progo, Wisata Ekstrim Yang Menantang Adrenalin

Ayunan Langit Kulon Progo, Wisata Ekstrim Yang Menantang Adrenalin

Ayunan Langit Kulon Progo, Wisata Ekstrim Yang Menantang Adrenalin

Ayunan Langit Kulon Progo – Kabupaten Kulon Progo di DIY, dikenal memiliki berbagai spot wisata yang hits. Kita tahu wisata Kali Biru telah menjadi pioner, tumbuhnya wisata berkonsep rumah pohon atau gardu pandang di berbagai daerah. Kini Kulon Progo memiliki wisata terbaru lho tepatnya di Desa Purwosari, Kecamatan Girimuluo. Adalah Ayunan Langit watu Jaran yang baru saja diresmikan pertengahan mei 2017 ini. Jangan dibayangkan seperti ayunan di taman taman. Ayunan langit di kulon progo ini bakal membuat jantungmu berdegup kencang. Pasalnya tinggi ayunan sekitar 10 meter dan berada ditepi jurang.

Ayunan Langit Kulon Progo ini mirip dengan sky wings yang ada di The Lodge Maribaya Bandung. Kita tahu sky wings menjadi spot hits yang kerap lalu lalang di feeds instagram. Lokasinya yang berada di tepi jurang dengan pemandangan pegunungan nan hijau membuat orang diatasnya seolah sedang berayun dari langit. Lokasi Ayunan langit watu jaran di Kulon Progo ini berada ditepi jurang setinggi 800 meter. Jadi ditepi jurang tersebut terdapat tiang pancang dengan tinggi 10 meter yang tersambung dengan ayunan. Meskipun berayun ditepi jurang, namun keamanan tetap terjamin jadi tidak perlu khawatir. Bahkan pihak pengelola sudah menggandengan tim dari SAR Yogyakarta  untuk melakukan bimbingan teknis. Di ayunan tersebut juga sudah ada operator yang berpengalaman. Selain itu ada tali pengaman untuk wisatawan.

Ayunan Langit Kulon Progo, Wisata Ekstrim Yang Menantang Adrenalin
Ayunan Langit Watu Jaran  Kulon Progo

Namun demikian, bagi yang tidak memiliki nyali memang tidak disarankan untuk naik ayunan langit di kulon progo ini. Bagi para pengunjung yang takut, tak perlu kecewa karena pemandangan disini cukup menyegarkan mata. Lokasi ayunan langit watu jaran berada di perbukitan yang menawarkan panorama alam dan view perbukitan menoreh. Disini banyak spot spot foto yang tak kalah dengan kali biru maupun di Dlingo Bantul.

Rute Dan Lokasi Ayunan Langit Kulon Progo

Ayunan Langit Watu Jaran terletak di dusun Sabrang kidul. Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo. Apabila dari pusat kota jogja, lokasinya berjarak 30 km. Akses jalanyapun cukup mulus. Rute menuju ayunan langit bisa melalui jalan godean menuju arah goa kiskendo. Jalanan berkelok dan menanjak dengan pemandangan hijau akan menemani perjalanmu. Setelah sampai di wisata goa kiskendo, luruslah sedikit dan akan bertemu sebuah pertigaan. Dari sini ambilah kekanan arah goa kidang kencana. Lokasi ayunan langit watu jaran ini dekat dengan goa kidang kencono.

Harga Tiket Masuk Ayunan Langit Kulon Progo

Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi sudah disediakan area parkir dan ojek untuk menuju ke atas bukit. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 10 ribu. Sementara itu bagi pengunjung yang tertarik untuk naik ayunan langit harus membayar lagi sebesar Rp 20 ribu.

Exit mobile version